Domino keluarga All Fives_Sniff Atau Muggins

Permainan Terkait

All Fives

All Fives asli, juga dikenal sebagai Cribbage Dominoes atau hanya sebagai Fives, dijelaskan pada tahun 1863 dan merupakan pendahulu Muggins. Itu dimainkan dengan set double-enam, meskipun satu deskripsi menggunakan domino ganda-sembilan, dan pemain mencetak satu poin untuk setiap lima pip yang dicetak serta 1 atau 5 poin untuk menang. Penilaian menggunakan papan cribbage. Itu direkam baru-baru ini pada tahun 1981. Setidaknya ada dua versi modern dari All Fives yang sangat berbeda satu sama lain dan dari All Fives klasik. Salah satunya adalah permainan pemintal tunggal seperti Sniff, kecuali bahwa pemintal hanya dapat ditempatkan melintang dan tidak dihitung setelah kedua sisi dimainkan. Biasanya hanya 5 ubin yang dibagikan ke setiap pemain bahkan dalam permainan dua tangan. Gim kedua tidak memiliki pemintal dan pada dasarnya adalah versi Tiddly-Wink dari Fives di mana pemain dapat memainkan ubin kedua setelah memainkan ubin ganda atau skor. Namun, mereka mungkin tidak keluar dengan memainkan ubin seperti itu.

Muggins

Sniff adalah Muggins, biasanya tanpa aturan muggins, tetapi dengan satu pemintal, yang dikenal sebagai sniff. Doublet pertama yang dimainkan secara otomatis menjadi sniff dan dapat dimainkan dengan empat cara. Aturan bervariasi apakah permainan pertama harus doublet dan karenanya sniff; apakah sniff dapat dimainkan secara endwise, crosswise atau keduanya; apakah ujung sniff yang melintang terus mencetak gol sebelum ditutup oleh ubin yang cocok; atau apakah lengan rintisan melintang dapat diperpanjang oleh satu atau lebih ubin. Ketika game ini pertama kali muncul sekitar tahun 1900, aturannya sederhana: sniff dimainkan secara melintang; setiap ujung terbuka masih dihitung dan tidak ada batasan panjang lengan. Berdasarkan konvensi, sniff harus dimainkan di kedua sisi sebelum ujungnya dapat dimainkan atau, jika dimainkan inline, itu harus dimainkan di kedua ujungnya sebelum kedua sisi dapat dimainkan. Baru kemudian menjadi pemintal.

All Threes dimainkan dengan cara yang sama seperti Muggins, kecuali bahwa poin diperoleh untuk kelipatan tiga.

Fives and Threes muncul di awal abad ke-20 dan merupakan permainan liga dan pub yang populer di Inggris saat ini. Ini mirip dengan Muggins dan All Threes, tetapi poin dicetak untuk kelipatan lima dan kelipatan tiga di ujung terbuka. Kelipatan lima dan kelipatan tiga masing-masing bernilai satu poin. Ini dapat mencetak gol dalam kombinasi, namun. Jika Pemain A memainkan 6–5 dan Pemain B 6-1, maka Pemain B mencetak 2 poin karena 5 dan 1 berjumlah enam (dua tiga). Pemain A kemudian memainkan 1-5 dan mendapatkan 2 poin karena 5 dan 5 berjumlah 10 (dua balita). Jika Pemain B kemudian memainkan 5–5 secara melintang, Pemain B mencetak 8 poin, 5 untuk lima tiga tiga dan 3 untuk tiga lima lima. Fives and Threes terkadang dimainkan dengan pemintal. Permainan biasanya dimainkan hingga 31, 61, atau 121 poin menggunakan papan cribbage untuk mencetak skor.

Primes dimainkan mirip dengan Fives and Threes kecuali satu-satunya permainan penilaian adalah bilangan prima. Ini umumnya membuat permainan lebih kompetitif. Untuk skor bonus di ujung tangan, pemain yang menyelesaikan tangan menerima poin yang sama dengan ubin dengan pips terbanyak di tangan pesaing, dibulatkan ke bawah ke bilangan prima terdekat.

Five Up atau Five-Up (AS) adalah pengembangan lebih lanjut dari Sniff yang menampilkan setiap ganda sebagai pemintal. Itu ditemukan pada pertengahan abad ke-19 di daerah San Francisco.

Komentar & Strategi

Ini adalah salah satu permainan domino terbaik, karena strateginya rumit, tetapi permainannya cepat. Berikut adalah beberapa petunjuk umum:

Seperti dalam permainan domino lainnya, pemain yang dapat menghitung ubin yang luar biasa memiliki keuntungan yang kuat.

Pemain pemula mengalami kesulitan melakukan matematika yang diperlukan di kepala mereka. Mereka akan cenderung berpikir dalam istilah lengan yang berakhiran 5, daripada mencari kombinasi lain yang memberikan kelipatan lima. Juga, pemula tidak berpikir untuk mengurangi total sebelumnya menjadi kelipatan lima.

Skor tertinggi yang mungkin dalam satu permainan adalah 35 poin, yang diperoleh dengan memiliki ubin [6-6], [5-5] dan [4-4] di ujung tiga lengan tata letak dan ubin yang menunjukkan 5 di lengan keempat.

Saat Anda memimpin, mainkan ubin senilai sepuluh poin ([5-5] atau [4-6]) jika memungkinkan untuk mencetak skor lebih awal. Jika tidak, mainkan ganda yang memberi Anda kendali atas lengan tablo.

Saat pemain lain menggambar ubin, Anda memiliki informasi tentang apa yang hilang di tangannya. Jika dia menggambar satu ubin dan memainkannya, Anda tahu bahwa jika Anda bisa memaksa tablo berakhir dengan nilai yang dia lewatkan, Anda akan memaksanya untuk menggambar lebih banyak ubin.

Semakin kecil total yang Anda serahkan ke pemain berikutnya, semakin kecil total yang bisa dia hasilkan darinya.

Anda Dapat Bermain Untuk Tujuan Apapun

Anda dapat bermain untuk mencetak gol, untuk memblokir atau untuk domino. Dalam permainan penilaian, Anda berusaha untuk mendapatkan skor terbesar tanpa memperhatikan siapa yang domino. Permainan penilaian adalah strategi yang jelas dan mungkin itu yang akan Anda kejar di awal permainan ketika Anda tidak mengetahui distribusi ubin.

Dalam permainan pemblokiran, Anda mencoba memaksakan permainan yang diblokir dengan maksud agar Anda mendapatkan skor negatif terendah.

Gim pemblokiran adalah strategi gim akhir yang bergantung pada penghitungan setelan untuk melihat bahwa tidak ada ubin yang menonjol dalam setelan di lengan tablo.

Bermain domino sebenarnya adalah versi dari strategi pemblokiran, karena Anda akan memiliki skor negatif terendah, yaitu nol. Namun, itu juga memiliki keuntungan memberi Anda petunjuk di tangan berikutnya. Keunggulan itu bisa menjadi penting jika Anda hampir memenangkan permainan.

Ingatlah bahwa menjadi pemain domino tidak selalu sama dengan mendapatkan poin terbanyak. Cari setelan di mana Anda berat atau memiliki kendali atas ubin yang tersisa dan cobalah untuk membuat setelan itu terbuka di satu atau lebih lengan tablo untuk menjamin Anda bermain di giliran berikutnya.